Ini Dia Dampak Kekurangan Zat Besi

Sabtu, 22 Desember 2018 | Manfaat Habbatussauda
Ini Dia Dampak Kekurangan Zat Besi

Dampak Akibat Kekurangan Zat Besi dan Cara Mengatasinya

Syifa Herbal Alami - Dampak yang ditimbulkan dari kekurangan zat besi yaitu selalu merasa lelah, terlihat pucat dan sering merasa jantung berdebar adalah tanda bahwa Anda kekurangan zat besi. Hati-hati, kekurangan zat besi bisa mengganggu asupan oksigen pada tubuh. Zat besi sangat penting bagi tubuh, karena zat besi membantu memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh Anda. Tubuh menggunakan zat besi untuk membentuk hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah. Jika tubuh Anda tak memiliki zat besi yang cukup, tubuh akan membentuk sel darah merah lebih kecil dan dalam jumlah lebih sedikit. 
Selanjutnya, tubuh Anda akan kekurangan hemoglobin dan Anda akan kekurangan oksigen. Menurut World Health Organization (WHO), kekurangan zat besi adalah gangguan gizi paling umum yang terjadi di dunia. Sekitar 2 miliar orang, yang berarti lebih dari 30 persen populasi dunia, diduga menderita kekurangan zat besi. Sebagian besar terjadi pada wanita, terutama mereka yang sedang dalam usia subur. Nah, bila Anda sering merasakan gejala berikut, bisa jadi, Anda termasuk salah satunya.

1. Merasa kelelahan dan selalu merasa letih

Tubuh menggunakan zat besi untuk membentuk hemoglobin, sel dari darah merah yang akan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika Anda tak memiliki sel darah merah yang cukup. Anda akan merasa letih dan kelelahan tiada henti, karena asupan oksigen dalam tubuh tak mengalir sempurna. 

2. Ada kalanya merasa sulit bernapas

Jika tubuh tak bisa mengangkut oksigen dengan lancar menuju paru-paru, Anda akan merasa sulit bernapas, setidaknya membutuhkan usaha lebih untuk bernapas. Kadar zat besi yang rendah memang akan menyebabkan Anda sedikit menderita, karena tubuh Anda terasa tak nyaman. 

3. Terlihat pucat

Apakah orang-orang di sekitar Anda terus-menerus meminta Anda untuk beristirahat, karena wajah Anda terlihat pucat? Kadar zat besi rendahlah penyebabnya. Selain itu, jika bibir, gusi, dan bagian dalam mata Anda terlihat tak semerah biasanya, Anda berarti mengalami kekurangan zat besi. 

4.Sering terserang penyakit

Faktanya, kekurangan zat besi akan membuat tubuh Anda sering merasa kedinginan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi akan memengaruhi daya tahan tubuh, yang akan membuat tubuh Anda lebih mudah terserang virus dan infeksi. 

5.Keinginan mengonsumsi sesuatu yang bukan makanan

Ini memang terdengar tak masuk akal, tapi ini adalah salah satu gejala nyata yang menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan zat besi. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, tubuh seakan mencari berbagai sumber, termasuk sesuatu yang tak bisa dikonsumsi, seperti cat atau tanah liat. Ini sering terjadi pada wanita hamil, yang umumnya kadar zat besi dalam tubuhnya menurun.

Atasi dengan mengonsumsi makanan yang sehat

Penuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi, seperti daging merah, ikan, ayam, bayam, kale, kacang-kacangan, telur, dan susu. Selain itu, konsumsi vitamin C akan mempermudah tubuh menyerap zat besi.
Faktanya, sebuah penelitian melaporkan bahwa konsumsi vitamin C dalam jumlah kecil akan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi hingga tiga kali lipat. Sumber vitamin C yang bisa dikonsumsi, seperti kembang kol, brokoli, tomat, dan jus lemon. Namun, untuk konsumsi suplemen zat besi, sebaiknya konsultasikan dulu kebutuhan zat besi Anda pada dokter.
Pasalnya, pada sebagian orang, konsumsi suplemen zat besi menyebabkan konstipasi. Konsumsi makanan alami untuk meningkatkan kadar zat besi tampaknya akan lebih sehat bagi tubuh Anda.
Ini Dia Dampak Kekurangan Zat Besi -  
manfaat habbatussauda, manfaat habbasyifa, habbatussauda, habbasyifa, syifa herbal alami, obat stroke, obat kolesterol, obat diabetes, obat hipertensi,

  • Mengatasi Varikokel Tanpa Operasi

    Mengatasi Varikokel Tanpa Operasi

    Varises pada kemaluan kurang familiar terdengar ditelinga kita umumnya, dalam istilah kedokteran kondisis ini disebut varikokel. Yaitu kondisi penyakit saat terjadinya pelebaran pembuluh darah vena pada biji kemaluan. Fungsi katup…

  • 10 Makanan Pemicu Risiko Penyakit Komplikasi

    10 Makanan Pemicu Risiko Penyakit Komplikasi

    Penyakit komplikasi merupakan salah satu jenis penyakit yang berat karena tidak lagi melibatkan satu penyakit saja, melainkan beberapa penyakit. Perlu kalin ingat komplikasi itu bukan nama penyakit.

  • Rasa Sakit Akibat Ambeien Pecah

    Rasa Sakit Akibat Ambeien Pecah

    Ambeien terbagi menjadi ambeien internal dan eksternal. Dimana keduanya terdapat benjolan akibat adanya pembengkakan pada pembuluh darah di area anus. Kondisi ambeien dapat terjadi akibat tekanan berat pada pembuluh darah…

  • HabbaSyifa - Ekstrak Habbatussauda Obati Telinga Sakit

    HabbaSyifa - Ekstrak Habbatussauda Obati Telinga Sakit

    Bagian-bagian telinga terdiri atas tiga bagian utama yaitu bagian luar, tegah, dan dalam. Semua bagian ini memiliki peran masing-masing yang membantu pendengeran anda bisa berfungsi dengan sempurna.

    Jika terjadi gangguan…

  • Manfaat Habbatussauda Untuk Melatih Daya Ingat dan Konsentrasi

    Manfaat Habbatussauda Untuk Melatih Daya Ingat dan Konsentrasi

    Menyelamatkan daya ingat dengan pola hidup sehat adalah tips ampuh untuk meningkatkan daya ingat kamu. Berikut beberapa kebiasaan yang baik dilakukan agar daya ingat bisa terjaga, yaitu:
    Jagalah asupan gizi…